Tips Wisata ke Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang berada di dalam kawasan Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki bentangan hamparan pasir putih yang sangat indah, dengan air laut yang sangat jernih dan segar.

Berwisata ke Pulau Seribu merupakan pilihan yang tepat, apalagi jika bersama keluarga. Harga paket wisata yang ditawarkan juga murah meriah dan bisa dijangkau oleh para wisatawan yang minim budget.

Perjalanan ke Pulau Tidung dilakukan menggunakan kapal laut dari Muara Angke. Di muara tersebut terdapat kapal-kapal kayu bermotor dan berlantai dua yang siap menyeberangkan pengunjung. Waktu pemberangkatan kapal pada pukul enam pagi. Harga sekali jalan adalah Rp 33.000. Sedangkan waktu kembali kapal dari Pulau Tidung ke Muara Angke tersedia pada pukul dua siang.

Perjalanan ke Pulau Tidung juga bisa dilakukan melalui Marina Ancol dengan KM Kerapu. Harga tiket Rp 32.000 belum termasuk tiket masuk Ancol. Jika Anda tinggal di Tangerang, Anda bisa melalui Rawasaban dengan harga tiket kapal hanya Rp 18.000. Adapun estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Tidung berkisar 2 jam.

Tidak Ada Hotel

Perlu diketahui bahwa di Pulau Tidung tidak ada hotel. Semua penginapan dikelola oleh penduduk setempat. Sebagian besar adalah homestay atau rumah yang disulap menjadi penginapan. Sebagian penduduk juga ada yang sengaja membangun penginapan khusus yang terpisah dari rumah mereka. Penginapan-penginapan ini bahkan memiliki fasilitas AC dan kamar mandi di dalam. Sebagiannya ada yang sudah dilengkapi dengan televisi. Harga per kamar di penginapan-penginapan tersebut tidak ada yang tetap. Semua bisa dinego sesuai jumlah orang yang akan menginap. Rata-rata harganya Rp 300.000 – Rp 400.000 per malam per kamar. Per kamar bisa diisi antara 4-8 orang. Pada setiap akhur pekan, penginapan-penginapan yang ada di sana selalu penuh.

Tidak Ada Nama Jalan

Karena jalan-jalan di Pulai Tidung tidak ada namanya, agar tidak nyasar sebaiknya hapalkan nomor RT dan nomor rumahnya. Jalan-jalannya kecil dan kotak-kotak ibarat labirin. Cara terbaik agar tidak nyasar ketika ingin pulang ke penginapan adalah dengan memfoto petunjuk rumah atau apapun yang kamu temukan di perjalanan. Sebaiknya kamu memfoto rumah tempat kamu menginap, agar ketika nyasar, kamu bisa bertanya pada penduduk setempat sambil menunjukkan foto tersebut.

Tidak Ada ATM

Ketika kamu ingin berwisata ke Pulau Tidung, pastikan membawa uang tunai yang lebih, karena tidak ada ATM di pulau tersebut. Di sisi lain, kadang terjadi hal-hal diluar dugaan yang menghambat sehingga kamu terpaksa harus menambah waktu tinggal di Pulau Tidung, seperti ada badai misalnya.

Waktu Terbaik Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Tidung adalah pada bulan April-Oktober. Sebab, pada bulan-bulan tersebut cuaca cenderung cerah, sedangkan di luar bulan-bulan tersebut kadang terjadi badai yang disebabkan oleh angin musim barat. Semoga bermanfaat.