Tanda Penyakit Ginjal Selama Kehamilan

Perubahan yang dibawa kehamilan ke tubuh wanita bisa menimbulkan gangguan tertentu, termasuk penyakit ginjal. Preeklampsia, atau hipertensi yang diinduksi kehamilan, dan infeksi saluran kemih yang parah dapat menjadi tanda-tanda penyakit ginjal selama kehamilan. Wanita yang memiliki kelainan ginjal sebelum kehamilan lebih cenderung memiliki masalah ginjal selama kehamilan. Ada tanda-tanda penyakit ginjal yang harus diketahui ibu hamil, namun kelainan itu tidak selalu hadir dengan gejala. Pencegahan terbaik adalah pemeriksaan kesehatan rutin dengan pemantauan fungsi ginjal dan tekanan darah. Sakit Buah Pinggang

Tingkat Tinggi Kreatinin dalam Urine

Salah satu tanda penyakit ginjal selama kehamilan adalah tingkat kreatinin yang tinggi dalam urine. Creatine adalah asam amino penting untuk kesehatan otot. Bila asam dipecah di ginjal, itu menjadi kreatinin. Ini adalah laju filtrasi glomerulus, cara untuk mengukur fungsi ginjal. Kisaran normal ekskresi kreatinin adalah 500 sampai 2.000 miligram (mg), tergantung pada usia wanita dan indeks massa tubuh. Selama kehamilan, lebih banyak darah disaring melalui ginjal, menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Hal ini dapat menyebabkan permeabilitas glomerulus, pembuluh darah di ginjal yang menyaring limbah, yang dapat menyebabkan kadar kreatinin lebih tinggi dalam urin, tanda penyakit ginjal atau bahkan gagal ginjal.

Tekanan darah tinggi

Wanita yang mengalami tekanan darah tinggi, atau preeklampsia, selama kehamilan harus diperiksa fungsi ginjalnya. Tekanan darah tinggi merusak sistem vaskular tubuh, termasuk pembuluh darah di ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal berhenti berfungsi dengan baik dan mempertahankan lebih banyak cairan, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Risiko terkena tekanan darah tinggi selama kehamilan lebih besar pada wanita yang mengalami obesitas, memiliki riwayat hipertensi keluarga atau multipara-membawa lebih dari satu janin.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kencing selama kehamilan bisa menjadi pertanda penyakit ginjal. Dalam artikel tahun 2007 di American Journal of Kidney Diseases, Dr. Kevin Krane menjelaskan bahwa infeksi saluran kemih dapat menyebabkan infeksi ginjal pada sekitar 33 persen kasus. Dr. Krane melanjutkan untuk mencatat bahwa walaupun infeksi saluran kemih terjadi pada ibu hamil pada tingkat yang sama dengan wanita yang tidak hamil, kondisinya jauh lebih serius pada wanita hamil dan harus segera diobati. Infeksi saluran kemih selama kehamilan dapat menyebabkan gagal ginjal dan menyebabkan persalinan dini atau bayi dengan berat lahir rendah.