Rupiah Selasa Ditutup Melemah 16 Poin di 13.295

Rupiah Selasa Ditutup Melemah 16 Poin di 13.295

Nilai tukar rupiah yang diperdagangkan antarbank di Jakarta, Selasa sore bergerak melemah sebesar 16 poin jadi Rp13. 295, dibanding terlebih dulu pada posisi Rp13. 279 per dolar AS.

Rupiah Selasa Ditutup Melemah 16 Poin di 13.295

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus di Jakarta, Selasa menyampaikan pernyataan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin tentang penguatan dolar AS beresiko positif dalam periode panjang bikin nilai tukar itu memperoleh momentum penguatan.

” Mnuchin menyebutkan kuatnya dolar AS beresiko jelek dalam periode pendek terutama untuk ekspor, tetapi dalam periode panjang bisa beresiko positif, ” tuturnya kepada situs http://kursdollar.co.id.

Ia memberikan kalau komentar dari Mnuchin itu dikira meredam efek dari pernyataan Presiden AS Donald Trump terlebih dulu yang menyampaikan dolar AS yang sangat kuat bakal menahan laju ekonomi.

Meski sekian, lanjut dia, penguatan dolar AS kelihatannya akan tidak sangat tinggi, tensi geopolitik masihlah menahan laju penguatan dolar AS mengingat Amerika Serikat adalah satu diantara pihak yang ikut serta kemelut.

Disamping itu, Pengamat Kurs Dollar BCA, Tbk menyampaikan kalau pelemahan mata uang rupiah satu diantaranya juga dikarenakan oleh beberapa pelaku pasar yang lakukan antisipasi proses Pilkada DKI putaran ke-2 yang sedianya bakal dikerjakan pada 19 April 2017.

” Sentimen Pilkada memanglah efeknya periode pendek, tetapi memengaruhi fluktuasi dengan cara harian, ” tuturnya.

Dalam periode panjang, lanjut dia, ruangan penguatan rupiah pada dolar AS masihlah cukup terbuka, trend surplus neraca perdagangan Indonesia menaikkan harapan fundamental ekonomi masihlah terbangun.

Tubuh Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2017 mengantongi surplus sebesar US$ 1, 23 miliar yang didorong oleh surplus sektor nonmigas sejumlah US$ 2, 02 miliar.

Disamping itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Selasa ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13. 299 dibanding hari terlebih dulu (Senin, 17/4) Rp13. 255 per dolar AS.