akhir zaman

Perilaku Manusia Yang Menyelamatkan Diri Di Akhir Zaman

Gambaran keadaan akhir zaman tertulis dengan sangat jelas dalam al-Quran. Mau bagaimanapun anda akan melarikan diri, menjadi sebuah hal yang mustahil. Akhir zaman pasti akan menimpa setiap orang. Kematian adalah salah satu akhir zaman kecil yang setiap orang akan alami. Lalu bagaimana cara anda menyelamatkan diri di akhir zaman? Semua tergantung kepada diri anda sendiri karena di akhir zaman kelak semua perbuatan yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawabanya.

akhir zaman
Di akhirat kelak hanya ada dua pilihan yaitu surga atau neraka. Siapapun yang beriman dan yakin adanya hari akhir tersebut maka surga adalah jaminanya Lalu bagaimana akibat jika tidak beriman kepada hari akhir? Tentu saja Allah akan memasukkan orang-orang yang tidak percaya akan datangnya hari akhir ke dalam neraka. Tentu anda tidak mau kan jika akan hidup kekal selamanya di neraka? Ada beberapa bekal yang kelak dapat menyelamatkan diri anda. Berikut penjabarannya :

5 Perilaku Manusia Yang Menyelamatkan Diri Di Akhir Zaman

1. Menjaga Lidah atau Lisan
Salah satu cara menyelamatkan diri di akhir zaman adalah dengan menjaga lisan. Lisan adalah sesuatu yang benar-benar harus dikendalikan. Lurusnya lidah menjadi salah satu perilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk istiqamah yang kemudian disusul dengan perintah untuk menjaga dan mengendalikan lisan. Menjaga lisan adalah dengan mengeluarkan kata-kata yang bisa menyakiti hati orang lain, menfitnah, mengumbar aib orang lain, menggosip dan lain sebagainya

2. Sebarkanlah salam
Cara kedua untuk menyelamatkan diri di akhir zaman adalah dengan menyebarkan salam. Mengucapkan sebuah salam memang sepertinya terlihat mudah tetapi banyak orang yang justru meninggalkanya. Padahal dalam salam itu terdapat sebuah doa yaitu sebuah doa keselamatan. Mengucapkan sebuah salam juga merupakan hak setiap muslim atas umat muslim lain

3. Menjaga Tali Silahturahmi
Salah satu keutamaan menerapkan iman kepada hari akhir adalah akan mendapatkan keberkahan sepanjang hidup. Dengan menjaga tali silahturahmi ke saudara, tetangga atau teman maka dapat menjadi bekal anda untuk menghadapi hari akhir kelak. Siapa saja yang dapat menjaga tali silahturahmi tetap baik maka Allah akan menjamin rizkinya dan memperpanjang umurnya. Pada kenyataanya, menjaga silahturahmi tidak segampang yang dilihat karena setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing dan tidak setiap orang bisa menerima kekurangan masing-masing. Bisa saja pertengkaran terjadi bahkan ke saudara kita sendiri. Oleh karena itu dengan menjaga silahturahmi dapat selamatkan diri dari api neraka di akhirat kelak.

4. Shalat Malam atau Tahajud
Banyak sekali manfaat sholat tahajud diantaranya adalah dapat sebagai sarana pengampunan dosa dan menjadi salah satu cerminan manusia yang percaya dengan hari akhir. Sholat malam atau yang biasa kita sebut dengan sholat tahajud adalah sholat yang paling dahsyat. Mengapa demikian? Karena tidak semua orang mau melakukanya. Allah SWT menggerakkan hati seseorang yang bangun disaat sepertiga malam untuk melaksanakan sholat ini. Bagi siapa saja yang dapat melaksanakan sholat malam ini maka Allah akan meninggikan derajatnya dan akan ditempatkan di sisi orang-orang yang beriman

5. Menjadi Orang Yang berilmu
Yang terakhir adalah memperdalam ilmu. Ini cara agar selamat pada hari akhir yaitu dengan memperdalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Dengan ilmu yang cukup maka kita dapat mengetahui dengan benar serta dapat menyikapi hari akhir dengan baik.
Lima perilaku diatas adalah cara untuk menyelamatkan diri di akhir zaman. Kita sebagai hambaNya harus terus berusaha untuk mendapatkan ridho Allah dan berlomba-lomba untuk berbuat baik.