Menikmati Suasana Baru Jalan Maliobro

Jalan Malioboro merupakan jalan paling terkenal di Jogja dan merupakan sebuah jalan yang menjadi ikon di kota ini. Tempat ini sering menjadi pilihan wisatawan untuk berwisata dan menikmati keramaian pusat kota pelajar ini. Sebagai salah pusat perekonomian di Jogja, kawasan Malioboro selalu ramai di penuhi oleh warga Jogja maupun warga yang berasal dari luar kota baik untuk bekerja, berdagang atau pun untuk berwisata. Setiap harinya ribuan orang lalu lalang dan berkegiatan di jalan ini.

Pemerintah Kota Yogyakarta pun sadar bahwa kawasan Malioboro merupakan aset utama bagi mereka. Oleh karena itu memperbaiki dan mempercantik kawasan ini sehingga lebih nyaman dan layak bagi para pejalan kaki. Hal tersebut membuat para pengunjung yang datang ke kawasan ini merasa betah nyaman untuk bersantai atau berbelanja di kawasan ini. Trotoar di Jalan Malioboro di sisi timur diperlebar dan dipercantik agar para pejalan kaki bisa lebih nyaman saat berjalan kaki. Mobil dan motor telah dilarang parkir di pingir Jalan malioboro dan pemerintah kota telah menyiapkan kantong-kantong parkir di beberapa tempat yaitu di Parkiran Abu Bakar Ali dan Parkiran Senopati. Bagi wisatawan yang membawa rombongan besar bisa sewa bus di rental bus murah di Jogja.

Saat ini trotoar yang dulunya dipenuhi oleh motor-motor yang parkir telah terlihat bersih dan juga rapi. Para pejalan kaki dapat berjalan dengan nyaman dan jika lelah mereka bisa duduk-duduk di kursi-kursi yang disediakan di sepanjang trotoar. Di kursi-kursi inilah banyak wisatawan yang mengabadikan momen mereka saat berada di Malioboro. Selain itu mereka juga foto di tanda jalan Malioboro yang sangat ikonik dan menjadi incaran para wisatawan sebagai bukti mereka sudah ke Jogja.

Jika terlalu lelah berjalan kaki, terdapat berbagai macam pilihan alat transportasi yang bisa di pilih seperti becak atau andong. Wisatawan dapat menyewa kedua transportasi tersebut dengan tarif yang fleksibel tergantung hasil tawar menawar harga namun rata-rata tidak mahal. Dengan berbagai pilihan tersebut pengunjung dapat menikmati suasana Malioboro dengan santai. Mereka juga dapat mampir untuk berbelanja di toko-toko yang berjejer rapi di kawasan tersebut. Dengan berubahnya kawasan Malioboro menjadi lebih laik, nyaman  dan rapi akan membuat semakin banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke lokasi ini. Otomatis kegiatan ekonomi pun semakin besar dan akan menguntungkan bagi para pedagang dan juga bagi pemerintah sendiri.

Tips Wisata:

  1. Pakailah busana yang nyaman.
  2. Pakai alas kaki yang nyaman.
  3. Jangan lupa untuk menawar jika belanja di Malioboro.
  4. Hati-hati saat menyeberang jalan.
  5. Jaga kebersihan.