Menikmati Kelezatan Kuliner Toraja

Toraja, pasti kalian sudah tidak asing dengan nama salah satu suku di Indonesia ini. Yap, suku yang berada di Sulawesi Selatan ini memang sudah sangat terkenal hingga penjuru Indonesia. Suku yang selalu menjunjung tinggi adat dari leluhur ini banyak sekali dikunjungi sebagai tempat wisata. Karena saat kita berkunjung kesana kita akan disuguhkan banyak sekali budaya yang masih sangat kental, seperti musik, tarian, rumah hingga ukiran khas dari Tana Toraja. Warga yang berada disana pun masih selalu merasa sangat nyaman dalam kebudayaan tersebut, oleh karena itu mereka terus mempertahankan apa yang diajarkan oleh nenek moyang mereka. Ini yang menjadikan Toraja sebagi tanah yang merupakan warisan kebudayaan dunia dan harus selalu di lestarikan. Tentu saja selain budaya dan adat ada makan khas dari Toraja. Maka mari kita bahas kuliner Toraja yang akan membuat mulut kita tidak berhenti menguyah.

1. Pa’Piong – cukup susah memang menyebutkan salah satu kuliner Toraja ini. Makanan yang berbahankan daging ini memang sangat lezat untuk dinikmati. Makanan ini terbuat dari daging babi, ayam, atau ikan. Bahan daging tersebut akan dicampur dengan bahan dan bumbu lainnya. Dan pastinya pula ada resep khas dari toraja. Setelah daging itu tercampur, lalu dibungkus menggunakan daun miana kemudian dimasukan ke dalam bambu. Nah makanan ini sudah siap dibakar. Memang jika dilihat hampir sama dengan Lemang dari daerah Sumatera. Namun tetap saja cita rasanya berbeda.

2. Pantollo’ pamarrasan – Makanan ini sebenarnya cukup susah untuk dibuat. Karena membututhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan bahannya. Karena pada kuliner Toraja ini bahan yang wajib ada adalah kluwak. Ya bahan yang menjadi bahan utama pada masakan rawon khas Jawa Timur. Makanan Toraja ini berbahan dasar daging, seperti babi, ikan, ayam atau belut yang sudah dimasak dengan kluwak dan sayur pangi (kulit Kluwak). Kemudia dicampur dengan bumbu seperti cabe, jahe, sereh, bawang merah, daun bawang serta bumbu lainnya. Dengan banyak rempah dan bumbu yang ada pada masakan ini pasti akan membuat kita selalu ketagihan.

Nah, bagi anda yang ingin berwisata ke tana toraja bisa hubungi penyedia Explore Toraja untuk kesini.