Layanan Web Hosting

Saat ini, sebagian besar bisnis, dan individu dan perusahaan non-bisnis memiliki kehadiran di Internet. Kehadiran internet seperti memberi diri Anda atau bisnis Anda secara global. Memiliki situs web di zaman sekarang ini sangat penting bagi bisnis atau individu manapun yang ingin menjangkau dunia pada umumnya. Untuk memiliki situs web, Anda terutama memerlukan dua hal: nama domain murah indonesia, dan layanan web hosting.

Nama domain adalah nama Anda, atau nama bisnis Anda, di Internet. Ini adalah alamat dimana orang akan menemukan situs Anda. Misalnya, www.buzzle.com adalah nama domain. Nama domain ini harus dibeli dari registrar nama domain yang terdaftar di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

Setelah itu diurus, ada data yang ditampilkan di situs Anda, seperti halaman web Anda, gambar, dan sebagainya. Itu perlu disimpan di suatu tempat, sehingga ketika seseorang memeriksa situs Anda, mereka bisa melihat datanya secara online. Perusahaan web hosting akan menyediakan layanan ini untuk Anda dengan memberi Anda ruang di server mereka. Ini adalah web atau layanan hosting internet.

Tentu saja, ini adalah konsep dasar layanan web hosting. Sebagian besar perusahaan web hosting juga akan menggabungkan layanan registrasi domain dalam profil layanan mereka, dan menggabungkan kedua fungsi ini. Ini juga menjadi kebiasaan saat ini untuk menggabungkan ini dengan layanan email hosting juga, untuk menghasilkan fungsionalitas tambahan bagi pelanggan.

Namun, teknologi yang muncul telah melahirkan beberapa layanan lagi yang dapat dikombinasikan secara efektif dengan ketentuan ini. Mari kita lihat beberapa dari layanan ini.

Dedicated Hosting

Ini adalah jenis layanan dimana pelanggan dapat menyewakan seluruh server, yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dengan demikian, pelanggan memiliki kontrol penuh atas server, yang berarti ia dapat memilih sistem operasinya, menginstal perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri, dan seterusnya. Beberapa penyedia layanan internet hosting mungkin juga menyertakan layanan administrasi server sebagai add-on. Tetapi perusahaan yang lebih besar mungkin memilih untuk mengurus kebutuhan administrasinya sendiri. Ini adalah solusi yang cukup berguna bagi perusahaan besar, yang mungkin memiliki sejumlah besar data pada server ini yang bisa diakses melalui situs mereka. Ini juga melibatkan tindakan pengamanan, seperti firewall, untuk menjamin keamanan data.

Virtual Private Server

Ini adalah semacam ruang server dimana sebuah teknologi yang dikenal sebagai ‘virtualisasi’ memungkinkan banyak server berjalan di server fisik yang sama. Yang terjadi adalah server dipartisi menjadi beberapa server. Masing-masing server ini memiliki kemampuan untuk berjalan di mesinnya sendiri dan di-boot secara mandiri. Layanan ini seringkali lebih murah daripada layanan dedicated hosting. Keuntungan lain bagi pelanggan adalah mereka dapat menginstal beberapa program di server ini, dan menjalankannya di situs web mereka.

Shared Hosting

Layanan shared hosting adalah layanan, dimana beberapa situs dapat dihosting di server yang sama. Setiap situs memiliki ruang server yang dipartisi sendiri, dan semua pemilik situs berbagi biaya hosting di antara mereka sendiri. Solusi ini sangat hemat biaya dan cukup populer di kalangan kebanyakan orang di Internet yang ingin meng-host situs web sederhana dan kecil.

Web Hosting Gratis

Siapa yang belum pernah mendengar layanan ini? Hampir semua orang di Internet ingin mencari sesuatu yang tersedia secara gratis. Namun, layanan web hosting gratis biasanya memberi Anda sub domain di domain situs web mereka, seperti www.subdomain.domainname.com, atau mereka mungkin menyediakan direktori di domain mereka, seperti www.domainname.com/yourdirectory.

Pusat Colocation

Ini adalah semacam pusat data. Data yang tersimpan pada satu server dapat disimpan secara simultan pada satu atau banyak server yang berbeda. Layanan ini disediakan oleh pusat colocation. Idenya cocok untuk situs web yang menjalankan layanan kritis, atau untuk situs web yang membutuhkan konektivitas 24 × 7 untuk pelanggan mereka. Jadi jika satu server gagal, situs ini dikelola melalui server lain. Juga dalam kasus kehilangan data pada satu server, backup data segera tersedia dari server lain.

Email Hosting

Ini adalah salah satu layanan yang dianggap de rigueur bagi banyak penyedia website hosting. Ini berarti bahwa pemilik situs mendapatkan sejumlah akun email yang memiliki alamat situs web di dalamnya, seperti [email protected], tempat seseorang bekerja dengan Buzzle.com memiliki nama domain perusahaannya di alamat e-mailnya. Tergantung pada rencana layanan hosting situs web satu pembelian, sejumlah alamat email dapat dikonfigurasi dan digunakan.

Blog Hosting

Ini adalah layanan lain yang telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Blog atau weblog adalah perangkat lunak yang berisi sistem manajemen konten. Aplikasi ini biasanya tersedia di Internet untuk didownload dan diinstal di server web. Namun, saat ini, sebagian besar layanan web hosting murah juga menyediakan paket hosting pra-instal untuk blog. Artinya, software tersebut sudah terinstall di server dan