Hal – Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

 

Berbicara tentang lowongan kerja di Indonesia sebenarnya terdapat banyak lowongan kerja, mungkin menurut kalian sedikit karena usaha kalian mash tidak maksimal dan kebanyakan gengisnya. Menurut saya mencari pekerjaan adalah sebuah seni karena setiap perusahaan memiliki penilaian dan kriteria yang berbeda namun intinya sama untuk menerima calon pegawainya dan disitulah letak seninya.

Ngomong-ngomong soal lowongan kerja hal yang harus kita persiapkan biasanya adalah dokumen untuk melamar pekerjaan antara lain Surat lamaran kerja, Ijazah, SKCK, sertiikat kompetensi, CV dan dokumen lainnya.

Kali ini saya akan membahas tentang surat lamaran kerja, menurut orang – orang hal ini adalah hal sepele. Membuat surat lamaran kerja yang sederhana dan tidak format. Menurut saya HRD akan melihat ini dulu sebelum melihat isi yang lain, bagaimana calon pekerja menuliskan permohonannya terhadap perusahaan yang ingin dia bekerja.

Banyak orang yang menulis dengan asal-asalan dan membuat mereka akhirnya gagal dalam tes pertama ini. Inilah hal-hal yang harus di perhatikan dalam menulis lamaran pekerjaan.

1.Rapih

Yang pertama adalah rapih, usahakan menulis surat lamaran kerja dengan rapih. Apabila tulisan kalian merasa jelek kalian bisa menggunakan metode mengetik, dengan mengetik tulisan tidak akan beda space, beda font, beda ukuran angkan dan lain-lain. Ketiklah seperti surat resmi dengan metode kerangkan yang diajarkan sekolah.

2.Sopan

Yang kedua adalah sopan. Tulislah kata-kata pada surat lamaran kerja kita dengna tutur kata yang bagus. Saya selalu melihat tulisan dari cara pencari kerja seperti ini “atas kerja saman “nya” saya ucapakan terimakasih” sekilas tulisandi kutipan itu biasa saja. Tapi dalam bahasa Indonesia yang benar tulisan itu adalah tidak sopan tulislah seperti ini “atas kerja sama bapak/ibu saya ucapkan terimakasih” lebih enakan yang keduakan dibaca dan didengarnya.

3.Jangan mengemis

Yang ketiga jangan tunjukan tulisan bahwa kita yang membutuhkan pekerjaan tapi tunjukan bahwa HRD lah yang mencari kita. Saya lihat kebanyakan orang – orang menulis seperti ini “kiranya bapk/ibu sudi menemui kami” menurut HRD tulisan itu tidak etis lebih baik tidak usah di tulis karena kita ingin terlihat bahwa kita ini mempunyai skill di mata HRD.

Itulah 3 tips yang kalian bisa pelajari dalam menulis sebuah surat lamaran kerja. Contoh surat lamaran kerja yang baik bisa kalian dapatkan di google dengan seraching contoh surat lamaran kerja.