Eksotisme Pulau Raja Ampat

Pulau Raja Ampat adalah salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Raja Ampat,Provinsi Papua Barat. Pulau satu ini cukup terkenal karena pemandangan bawah lautnya yang sangat eksotis. Pulau Raja Ampat memiliki 4 pulau yang saling berdekatan. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, dulunya pulau ini dipimpin oleh 4 raja yang bijaksana. Singkat cerita, ada sepasang suami istri yang hidup sederhan. Suami istri ini mencari makan dengan menyusuri hutan setiap harinya. Karena lelah, kemudian sepasang suami istri ini beristirahat . ketika hendak beristirahat, mereka melihat 6 butir telur. Ketika didekati, ternyata, 6 butir tersebut adalah telur naga. Ketika mereka hendak memasaknya untuk dijadikan makanan, 5 dari 6 telur tersebut menetas. Anehnya, 5 telur tersebut berubah menjadi manusia yang memakai pakaian layaknya keturunan dari kerajaan. 4 dari anak tersebut laki-laki dan satunya lagi perempuan. Kemudian, sepasang suami istri tersebut merawat mereka seperti anak kandung sendiri. Mereka pun memberi kelima anak tersebut nama Batanta, Misool, Salawati dan Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos yang beredar di masyarakat sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai makna Empat Raja. Sehingga , nama dari pulau ini diambil dari 4 nama yang diberikan kepada raja-raja yang memerintah di daerah tersebut.

Bukan hanya mitosnya yang unik, yang menarik lainnya adalah keindahan pulau dan wisata bawah lautnya. Para wisatawan dari seluruh penjuru dunia segaja datang ke objek wisata satu ini untuk bisa menikmati pulau eksotis satu ini. Perairan yang ada di pulau ini menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa. Para wisatawan khususnya penyelam juga bisa mengunjungi dan menjelajahi dasar laut dan melihat terumbu karang yang sangat cantik. Menariknya, terumbu karang yang ada di perairan ini dinobatkan sebagai terumbu karang tercantik di dunia. Selain terumbu karang , perairan ini juga dijuluki sebagai “hutan amazon” bawah laut karena menyimpan ribuan binatang bawah laut yang tidak bisa ditemui di perairan lain www.rajaampatholidays.com.

Pulau Raja Ampat ternyata menyimpan fenomena alam yang sangat menarik. Di bagian Timur Waigeo terdapat fenomena alam “ hantu laut”. Fenomena satu ini terbentuk oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset, yang bisa kita isaksikan diatas perahu . fenomena ini akan mengitari permukaannya dengan kurun waktu 10 -18 menit. Sayangnya, fenomena satu ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja. Di bagian barat dan utara kawasan Waigeo, terdapat sebuat pertunjukkan permainan suling bamboo tradisional yang masyarakat sekitar menyebutnya suling tambur. Pertunjukan ini biasanya diadakan apabila ada sebuah festifal keagamaan atau pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ( 17 Agustus ) serta dalam upacara penyambutan kunjungan pejabat ( pemimpin ) penting.

Tidak hanya itu dibagian barat dan utara kawasan Waigeo, ada sebuah pertunjukan permainan suling bambu tradisional yang oleh masyarakat sekitar yang disebut dengan suling tambur. Biasanya pertunjukan tradisional ini diadakan apabila ada sebuah festifal keagamaan atau pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ( 17 Agustus ) serta dalam upacara penyambutan kunjungan pejabat ( pemimpin ) penting. Pulau eksotis satu ini harus selalu kita jaga sehingga kealamian dari pulau ini tetap bisa dinikmati hingga anak cucu kita nanti.