Template invoice lengkap dengan tanda tangan

Contoh Template Invoice Yang Bisa Menjadi Referensi Bisnis Anda

Kesulitan membuat invoice pasti dialami oleh para pelaku bisnis di awal perjalanan usahanya. Untungnya sekarang kita sudah berada di jaman Google sehingga sangat mudah untuk menemukan template invoice yang bisa dipakai untuk referensi dalam bisnis kita.

Invoice atau lebih mudahnya kita sebut sebagai tagihan ini pada dasarnya mudah asal kita mengetahui unsur penting apa saja yang harus ada di dalam invoice ini. Lebih jelasnya kita lihat di invoice berikut ini.

  • Nama perusahaan dan alamat lengkap yang menerbitkan invoice
  • Nama perusahaan dan alamat lengkap yang menerima invoice
  • Nomor invoice
  • Tanggal invoice terbit
  • Tanggal invoice jatuh tempo
  • Judul invoice
  • Deskripsi barang yang ada di dalam transaksi seperti nama barang, jumlah barang, harga per satuan, jumlah harga, dan total harga
  • Pajak yang dikenakan (kalau ada)
  • Keterangan pembayaran
  • Tanda tangan (oleh pengirim maupun penerima invoice)

Paling tidak, di dalam suatu invoice harus memiliki unsur-unsur di atas. Dengan mencantumkan unsur-unsur diatas sebenarnya sudah bisa menggambarkan secara jelas maksud dan tujuan yang harus dilakukan oleh penerima invoice.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa template invoice yang bisa menggambarkan secara lebih detail tentang bagaimana pengaturan format invoice dari unsur-unsur di atas.

Template invoice yang mudah dipahami tanpa tanda tangan

Di dalam template ini, invoice ini ditujukan untuk klien atas jasa yang diberkan oleh pihak pengirim invoice. Kita bisa lihat ada nama perusahaan pengirim invoice, alamat dan nomor telepon di ebelah kiri atas. Sementara itu juga dicantumkan tujuan invoice yaitu ama perusahaa/perseorangan alamat dan juga nomot teleponnya.

Template invoice lengkap dan mudah tanpa tanda tangan
Template invoice lengkap dan mudah tanpa tanda tangan

Sementara di sisi kanan atas ada judul INVOICE lengkap dengan tanggal invoice ini terbit. Tidak lupa di tengah atas ada keterangan yang berisi layanan jasa yang diberikan untuk penerima invoice.

Untuk deskripsi barang/jasanya juga terlihat simpel dan lengkap yaitu berisi deskripsi, tarif per jam, lama layanan dan jumlahnya. Dengan begitu penerima invoice juga bisa mengetahui seberapa banyak tagihan yang harus dibayarkan.

Template invoice lengkap dan mudah tanpa tanda tangan

Di template invoice kali ini pada dasarnya unsur-unsur yang harus ada di dalam invoice juga tercantum disini. Yang membedakan adalah di template invoice ini lebih lengkap. bisa dilihat di kiri atas ada tempat untuk logo perusahaan penerbit invoice. Sementara itu invoice ini juga mencantumkan tujuan penerima invoice dengan lengkap dan juga alamat pihak ketiga yang bertugas melakukan pengiriman barang.

Template invoice yang mudah dipahami tanpa tanda tangan
Template invoice yang mudah dipahami tanpa tanda tangan

Hal yang membuat invoice ini berbeda dengan invoice sebelumnya adalah adanya kolom pajak dan kolom biaya shipping atau pengiriman. Dari template ini bisa dipahami bahwa penerima invoice harus membayar jumlah biaya total barang ditambah dengan pajak yang dikenakan untuk transaksi ini dan juga biaya pengiriman barang.

Template invoice lengkap dengan tanda tangan

Prinsip invoice adalah menjelaskan sedetail mungkin tentang seberapa besar tagihan yang dikenakan kepada penerima invoice. Seperti di dalam invoice ini, selain tentu jumlah barang yang dicantumkan, ada juga kolom yang berisi tagihan jasa yang harus dibayar oleh penerima invoice.

Template invoice lengkap dengan tanda tangan
Template invoice lengkap dengan tanda tangan

Perhitungan jasa ini adalah seberapa banyak biaya jasa yang dibayarkan per jam. Dengan begitu invoice ini bisa dengan detail menjelaskan total tagihan yang ada.

Selain itu, di template invoice ini dicantumkan tanda tangan penerbit invoice. Dengan adanya tanda tangan ini tentu saja membuat invoice ini sudah legal dan bisa dipertanggungjawabkan.