Asal Usul Baju Gamis murah

Asal Usul Baju Gamis

Asal Usul Baju Gamis murahApa itu baju gamis? Baju gamis adalah salah satu busana muslim yang dibuat denga model lurus , panjang dan longgar sehingga menutupi seluruh badan mulai dari dada hingga kaki sehingga pemakainya tidak perlu repot dalam memadukan atasan dan bawahan karena baju gamis ini sudah menjadi satu kesatuan. Baju gamis duluya termasuk baju yang sederhana dan digunakan untuk orang-orang yang sudah menikah saja tetapi kini, baju gamis disulap dengan sangat cantik sehingga bisa dipakai baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Sekarang, baju gamis tidak hanya dibuat dalam bentuk yang polos saja tetapi juga dibuat dengan bahan, warna dan motif yang beragam sehingga menjadi lebih menarik. Orang-orang berpikir bahwa baju gamis hanya diperuntukkan untuk kaum wanita saja tetapi ini salah. Karena baju gamis difatnya unisex artinya bisa dipakai oleh perempuan dan juga laki-laki.

Awalnya baju gamis atau Abaya adalah berupa jubah hitam yang biasa dipakai oleh muslim dan muslimah yang ada di Arab. Baju gamis ini termasuk busana yang klasik karena sudah dipakai sejak dulu oleh orang-orang yang berada di kawasan Timur Tengah.  Untuk laki-laki, biasanya baju gamis ini dibuat dengan warna hitam dan putih saja tetapi untuk perempuan biasanya warnanya lebih wariatif dan beragam. Berdasarkan etimologi, kata gamis ini berasal dari bahasa Arab yaitu “Qomish” yang berarti pakaian terusan dari bagian atas tubuh sampai pertengahan betis atau mata kaki. Namun, di Indonesia terjadi pergeseran makna yang semula kata “qamish” berubah menjadi kata gamis. Gamis di Indonesia sendiri sering disebut jubah.

Baju gamis memang berasal dari Timur Tengah tetapi kini banyak orang Indonesia yang memakai baju gamis ini. karena, baju gamis ini sangat simple dan sederhana  dan sering diidentikkan dengan baju kurung wanita. Tetapi sekarang baju gamis dimodifikasi dengan model yang lebih beragam dan warna serta motif yang lebih bervariasi. Karena banyaknya model baju gamis yang dijual oleh pedagang, kamu tetap harus selektif dalam memilih baju gamis yang tidak membentuk lekuk tubuhmu sehingga tetap syar’i.  Semoga bermanfaat.