5 cara alami untuk menurunkan tekanan darah Anda

1. Berjalan dan Berolahraga secara teratur
beberapa jogging
Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Ubat Darah Tinggi

Image result for high blood pressure

Olahraga teratur membantu membuat jantung Anda lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah, yang menurunkan tekanan di arteri Anda.

Sebenarnya, latihan ringan selama 150 menit, seperti berjalan kaki, atau 75 menit latihan yang kuat, seperti berlari, per minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan jantung Anda (3, 4).

Terlebih lagi, melakukan lebih banyak olahraga mengurangi tekanan darah Anda lebih jauh lagi, menurut National Walkers ‘Health Study (5).

Intinya: Berjalan hanya 30 menit sehari bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda. Olahraga lebih banyak membantu menguranginya lebih jauh.

2. Kurangi Asupan Sodium Anda
Asupan garam tinggi di seluruh dunia. Sebagian besar, ini karena makanan olahan dan olahan.

Untuk alasan ini, banyak upaya kesehatan masyarakat ditujukan untuk menurunkan garam di industri makanan (6).

Dalam banyak penelitian, garam dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan kejadian jantung, seperti stroke (7, 8).

Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa hubungan antara sodium dan tekanan darah tinggi kurang jelas (9, 10).

Salah satu alasannya adalah perbedaan genetik dalam bagaimana orang memproses sodium. Sekitar setengah dari orang dengan tekanan darah tinggi dan seperempat orang dengan tingkat normal tampaknya memiliki kepekaan terhadap garam (11). 

penawar darah tinggi

Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya mengurangi asupan sodium Anda untuk melihat apakah ada bedanya. Tukar makanan olahan dengan yang segar dan cobalah bumbu dengan bumbu dan rempah-rempah, bukan garam.

Intinya: Sebagian besar pedoman untuk menurunkan tekanan darah menyarankan untuk menurunkan asupan sodium. Namun, rekomendasi itu bisa masuk akal bagi orang-orang yang peka terhadap garam.

3. Minum Kurang Alkohol
Minum alkohol bisa menaikkan tekanan darah. Faktanya, alkohol dikaitkan dengan 16% kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia (12).

Sementara beberapa penelitian menyarankan bahwa alkohol dalam jumlah rendah sampai sedang dapat melindungi jantung, manfaat tersebut dapat diimbangi oleh efek negatif (12).

Di AS, konsumsi alkohol moderat didefinisikan tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua untuk pria. Jika Anda minum lebih dari itu, potong kembali.

Intinya: Minum alkohol dalam jumlah berapa pun bisa menaikkan tekanan darah Anda. Batasi minum Anda tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dua untuk pria.

4. Makanlah Makanan yang Lebih Potassium-Rich
pisang
Kalium merupakan mineral penting.

Ini membantu tubuh Anda menyingkirkan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah Anda.

Diet modern telah meningkatkan asupan sodium kebanyakan orang sambil mengurangi asupan kalium (13).

Untuk mendapatkan keseimbangan yang lebih baik dari kalium ke sodium dalam makanan Anda, fokuskan pada makan lebih sedikit makanan olahan dan lebih segar, whole foods.

Makanan yang sangat tinggi potassium meliputi:

Sayuran, terutama sayuran hijau, tomat, kentang dan ubi jalar
Buah, termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk dan aprikot
Susu, seperti susu dan yogurt
Tuna dan salmon
Kacang dan biji
kacang polong
Intinya: Mengkonsumsi buah dan sayuran segar, yang kaya potassium, bisa membantu menurunkan tekanan darah.

5. Potong Kembali Kafein
Jika Anda pernah menenggak secangkir kopi sebelum Anda mendapat tekanan darah Anda, Anda akan tahu bahwa kafein menyebabkan dorongan instan.

Namun, tidak banyak bukti yang menunjukkan bahwa minum kafein secara teratur dapat menyebabkan peningkatan yang langgeng (14).

Padahal, orang yang minum kopi dan teh berkafein cenderung memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah, termasuk tekanan darah tinggi, dibanding mereka yang tidak (15, 16, 17, 18).

Kafein mungkin memiliki efek yang lebih kuat pada orang yang tidak mengonsumsinya secara teratur (19).

Jika Anda mencurigai Anda sensitif terhadap kafein, potong kembali untuk melihat apakah menurunkan tekanan darah Anda (20).

Bottom Line: Kafein bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek, meski bagi banyak orang hal itu tidak menyebabkan kenaikan yang langgeng.